Contoh Paragraf Deduktif Lengkap

Daftar Isi

Paragraf sendiri terdiri dari beberapa jenis paragraf yang sering kita pelajari di pelajaran bahasa Indonesia. Namun dalam kesempatan kali ini, kita akan fokus dalam membahas masalah paragraf deduktif dimana disini akan kita kupas satu persatu dari pengertiannya hingga contoh paragrafnya. Paragraf mungin sebuah hal yang tidak asing bagi kalian karena hampir di setiap teks entah di media cetak atau media online biasanya mengadung unsur paragraf. Di dalam paragraf sendiri biasanya terdiri dari 8-12 baris, maka untuk itu kita harus memperhatikan hal-hal kecil tersebut. Untuk selanjutnya mari siapkan diri kalian untuk kita membahas contoh paragraf deduktif.


Contoh Paragraf Deduktif

Pengertian & Contoh Paragraf Deduktif


Paragraf deduktif merupakan paragraf yang mempunyai kalimat utamanya berada di awal. Kalimat utama ini didukung dengan berbagai macam kalimat pendukung untuk menjelaskan topik permasalahan yang dituju.  Di dalam sebuah paragraf pasti mempunyai sebuah topik karena jika pada sebuah paragraf tidak mempunyai sebuah topik yang dibahas maka dapat menyebabkan sulitnya menentukan kalimat topik dimana kalimat satu dengan yang lainnya memiliki kedudukan yang sama. Posisi kalimat utama yang ada di dalam sebuah paragraf menentukan jenis dari sebuah paragrafnya. Maka dari pada untuk itu kita harus teliti dulu ketika membaca atau menulis sebuah paragraf. Bagi kalian yang sedang mencari contoh paragraf deduktif sebagai refrensi atau rekomendasi dalam kalian belajar, berikut dibawah ini beberapa contoh paragrafnya.


Contoh Paragraf Deduktif Lengkap


Pemanasan Global 

Pemanasan global merupakan sebuah bencana atas terjadinya kerusakan alam yang banyak terjadi di bumi tercinta kita. Pemanasan Global atau yang biasa disebut sebagai global warming ini adalah terjadinya sebuah proses kenaikan suhu rata-rata yang terjadi pada bumi, atmosfer, dan laut. Berdasarkan informasi yang dilansir oleh Intergovermental Panel on Climate Change (IPCC) menyatakan bahwa diduga terjadinya kenaikan suhu rata-rata yang ada pada bumi disebabkan karena aktivitas manusia yang berujung pada naiknya konsentrasi gas-gas rumah kaca. Simpulan umum atas konsep ini telah dinyatakan oleh 30 Lembaga Ilmiah yang berada seluruh dunia. Walaupun sebagian ilmuan lainnya masih ada yang berbeda pendapat terkait dengan simpulan tersebut. 

Naiknya suhu rata-rata bumi ini dispekulasikan akan menyebabkan pengaruh intensitas cuaca yang ekstrem, naiknya intensitas permukaan air laut, dan lain sebagainya. Pemanasan global yang terjadi juga berdampak pada hasil industri pertanian, punahnya beberapa spesies binatang, dan masih banyak lagi. Satu hal yang sudah pasti bahwa bumi kita akan semakin panas dan tentu hal itu akan membawa malapetaka yang besar untuk umat manusia.

Keterangan : Kalimat utamanya "Pemanasan global merupakan sebuah bencana atas terjadinya kerusakan alam yang banyak terjadi di bumi tercinta kita."


Korupsi :

Korupsi merupakan salah satu hal yang masih menjalar di dalam tubuh DPR RI. Tidak ada tanda-tanda kasus korupsi yang akan selesai di DPR, semakin hari malah justru tersangka korupsi oleh dewan perwakilan rakyat ini semakin bertambah, dan lagi-lagi pelakunya adalah anggota DPR yang notabennya wakil rakyat ini. KPK terus bersemangat dalam mengusut kasus korupsi yang dilakukan para pejabat-pejabat tinggi yang berada di seluruh Indonesia. Rakyat Indonesia hanya ingih berharap bahwa kasus korupsi yang ada sekarang ini segera selesai secepatnya dan DPR bisa bersih dari tikus-tikus yang bersarang di gedung wakil rakyat tersebut. Untuk itu KPK juga membutuhkan rakyat dalam mendukung kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh KPK sendiri.


Keterangan : Kalimat utamanya "Korupsi merupakan salah satu hal yang masih menjalar di dalam tubuh DPR RI"


Itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan hari ini untuk anda semua, semoga saja referensi tentang membuat paragraf deduktif diatas tadi bisa menjadi bahan pelajaran. Karena biasanya muncul di pelajaran bahasa Indonesia. Sengaja kami membagikan artikel ini tentang contoh paragraf deduktif yang harus anda ketahui dan pelajari tentunya. Demikian informasi yang bisa disampaikan oleh kami hari ini.

Posting Komentar